Riwayat Desa Kedarpan

Sesuai dengan nama Kedarpan adalah sekedar mapan, artinya masyarakat Desa Kedarpan tingkat kehidupannya secara umum merata, tidak ada yang sangat kurang atau berlebih.

Desa Kedarpan sesuai cerita adalah masih termasuk wilayah kerajaan Kartasura/Surakarta, di Desa Kedarpan diperintah oleh seorang tumenggung Drepayuda dengan di dampingi oleh Mbah among sari. Konon beliau yang memberi nama Desa Kedarpan dan menjadi sesepuh sampai akhir hayatnya. Tumenggung Drepayuda di makamkan di Kedarpan dan Mbah among sari dimakamkan di Bojong Sari.

Bojong Sari (Dusun II) artinya daerah yang banyak menghasilkan atau banyak terdapat bahan yang bermanfaat (sari). Konon sebagian masyarakat menyatakan kalau Mbah among sari berasal dari Surakarta, karena pertempuran melawan VOC kemudian melancong sampai di wilayah ini kemudian tinggal dan menetap di wilayah ini sampai akhir hayatnya dan memberi nama Bojong Sari.

Paduraksa (Dusun III) artinya sapa sing seneng padu, uripe bakal rekasa ( siapa yang senang bertengkar atau berkelahi hidupnya akan sengsara ). Konon dahulu masyarakat di daerah ini suka menyimpan harta mereka dalam bentuk tanah dan pertanian, sehingga wilayah ini sering di sebut pedaringan (lumbung) di Desa Kedarpan. Masyarakat di sini kurang memperhatikan pendidikan sehingga dalam menyelesaika masalah pun selalu dengan kekerasan (padu) sehingga wilayah ini di namai dusun Paduraksa. Konon dahulu di daerah ini ada bupati Baureksa, Beliau adalah yang menjadi sesepuh dan memberi nama daerah ini dengan nama Paduraksa. Beliau tinggal dan menetap sampai akhir hayatnya dan di makamkan di Paduraksa.

Alamat KantorĀ 

RT 05 RW 02 Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Kode Pos 53392

Riwayat Kepala Desa

Karto Miharjo

Karto Miharjo

Kepala Desa Periode 1960-1973

Sukiman Handoko

Sukiman Handoko

Kepala Desa Periode 2007-2012

Kasmo Miharjo

Kasmo Miharjo

Kepala Desa Periode 1974-1989

Suwono Arif Nurudin

Suwono Arif Nurudin

Kepala Desa Pereode 2013-2019

Sunaryo

Sunaryo

Kepala Desa Periode 1990-1998

Suwono Arif Nurudin

Suwono Arif Nurudin

Kepala Desa Periode 1999-2006